Cara Pendaftaran NPWP Online

21 January of 2013 by

Pusing, diminta oleh isteriku untuk bantu dia soal pendaftaran npwp secara on line, yang harus jadi hari ini juga!, minimal nomer NPWP nya saja, proses pendaftaran npwp selanjutnya bisa di urus belakangan hari di kantor pajak.

Ini gara gara beberapa karyawan yang baru masuk kerja yang belum sadar, bahwa untuk dapat gaji, mereka harus punya npwp. Begitu ditanya tentang pajak NPWP, ada yang bilang hilang, ada yang bilang belum punya. Padahal proses yang diperlukan untuk buat npwp di kantor pajak minimal 2 hari (berdasarkan banyak pengalaman). Solusi untuk masalah ini, agar mereka bisa gajian bulan ini, agar mereka bisa dapatkan nomor npwp hari ini juga, terpaksa mereka harus daftar npwp online.

Masalah lain ternyata, tidak semua orang melek online, Sarjana bukan ukuran bahwa mereka bisa daftar npwp online. Bahkan blogger yang melek kode html pun masih bingung untuk urusan pajak npwp online ini. Lucunya begitu disuruh daftar di Advertiser yang minta no NPWP, mereka bilang gak punya. Saya bilang kenapa gak bikin NPWP on line saja? Mereka bilang: Gak ngerti! Saya bilang: Buset dah! Ini benar benar ironis.

Seperti apa sih cara daftar (pajak) npwp online ?

Langkah-Langkah Pendaftaran NPWP Online:

1. Buka situs pendaftaran npwp online di: http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do

Cara Pendaftaran NPWP Online

2. Klik Buat Account Baru, saya yakin anda pasti bisa melewati ujian ini #lol

Cara Pendaftaran NPWP Online

3. Kembali ke halaman sebelumnya, Login lah menggunakan username dan password yang anda daftarkan sebelumnya.

4. Bagi kebanyakan orang, karyawan, orang pribadi, wiraswasta, anda cukup pilih opsi: Orang Pribadi di halaman ini.

Cara Pendaftaran NPWP Online

5. Halaman selanjutnya anda diminta untuk mengisi dan melengkapi Identitas anda secara umum, tanda *)  berarti bahwa kotak/ field tersebut harus di isi/ dilengkapi. Ada baiknya anda telah menyiapkan KTP/ Kartu Identitas untuk memudahkan anda dalam mengisi data data yang diminta di halaman ini.

Cara Pendaftaran NPWP Online

6. Masih di halaman yang sama, di bagian Identitas Umum, anda di minta untuk mengisi Kode Wilayah berdasarkan kelurahan & kecamatan tempat tinggal anda. Silahkan klik ikon “mata” untuk melakukan pencarian Kode Wilayah yang sesuai dengan tempat tinggal anda.

Cara Pendaftaran NPWP Online

Catatan: Kotak/ field yang berwarna abu abu (bukan putih) berarti kotak/field itu tidak bisa anda isi, baik secara manual, maupun secara paksa, kecuali secara otomatis.

7. Halaman berikutnya (setelah klik pada ikon “mata”) anda disuguhkan pada menu pencarian Kode Wilayah. Silahkan isi kecamatan dan kelurahan sesuai dengan KTP anda (nomer 1 & 2), klik cari (nomer 3), setelah pencarian ditemukan, anda bisa pilih hasil yang sesuai (nomer 4) dan klik ok untuk menyimpan hasil pencarian anda (nomer 5)

Cara Pendaftaran NPWP Online

Selanjutnya kotak/ field abu abu di Point 6 akan otomatis terisi. Gampang toh !

8. Masih di bagian yang sama (scroll ke bawah), pilih Status Usaha: Tunggal, cocok untuk Blogger, wiraswastawan dll. Dan kembali anda harus klik ikon “mata” untuk mengisi Jenis Usaha yang anda miliki.

Cara Pendaftaran NPWP Online

9. Ketik/ Isikan jenis usaha anda dan klik OK!

Cara Pendaftaran NPWP Online

10. Pada bagian Korespondensi, anda cukup contreng pada kotak di lingkaran merah (sama dengan alamat tempat kedudukan/tinggal), Maka otomatis kotak kotak kosong di bawah akan terisi dengan alamat yang sama seperti di atas. Gak pake repot.

Cara Pendaftaran NPWP Online

11. Masih di bagian Korespondensi, ingat tanda *) harus di isi, silahkan lengkapi no telpon dan e-mail seperti yang diminta.

Cara Pendaftaran NPWP Online

12.  Selamat, anda telah mendaftar sebagai wajib pajak pribadi, baca keterangan selanjutnya tentang langkah-langkah apa yang anda harus lakukan setelah mendaftar npwp secara online. Klik tombol cetak.

Cara Pendaftaran NPWP Online

13. Masih penasaran dimana anda sih nomor NPWP anda? Pada halaman ini, klik Surat Keterangan Terdaftar Sementara.

Cara Pendaftaran NPWP Online

14. Nomor NPWP anda ada pada halaman selanjutnya, pada lingkaran merah yang saya telah tandai.

Cara Pendaftaran NPWP Online

Btw, halaman ini bisa anda cetak seandainya anda membutuhkan surat keterangan sementara disaat anda belum mendapatkan kartu resmi NPWP dari kantor Pajak, sebagai bukti bahwa anda sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Congrats! Semoga Bermanfaat! Salah khilaf mohon maaf dan koreksinya.

Catatan: Saat anda membuka halaman ereg.pajak.go.id anda menemukan tulisan: The connection has timed out. Maka selamat!, saat ini server pendaftaran online sedang full. Cobalah mendaftar di pagi hari (sebelum jam kerja)
Regards,
EBO

Verifikasi Facebook

Previous:

Susahnya Memverifikasi Akun Facebook Menggunakan Foto

Hostgator

Next:

CPU Overload -> Google Bot Fake User Agent

You may also like

  1. Dua hari biasanya om ae untuk pribadi, hari ini masukan formulir esok meambil kartunya, mun organisasi atau perusahaan bisa sampai lima hari. Pengalaman bisa lebih dari itu kalau berkas kita tidak lengkap, maka pas mau di ambil bukannya sudah jadi, justru malah disuruh melengkapi.

  2. saya uda coba berulang kali dan masi terjadi error ada kesalahan ketika mengakses ke database.
    kenapa ya kak??
    saya uda coba daftar online dari kemarin :(

        • pilih orang tunggal aja, nanti perusahaan bisa lapor soal perubahan status.

          Nanti ada petunjuk, ke kantor pajak mana anda harus menuju (yang terdekat). Langsung tanya sama frontlinernya aja.

          Pendaftaran pajak itu gratis..

    • Untuk yg pernah menggunakan layanan online dr pemerintah seperti layanan pajak online ini saya mohon sekali bantuannya berpartisipasi dalam pengisian kuesioner penelitian saya ttg e-gov.
      Berikut link kuesionernya : http://bit.ly/kuesioner-egov
      Terimakasih :)

  3. klo misal istri udah py npwp gimana cara isi form nya maz?
    pilih cabang ato istri,trus baru ketik no.npwp nya?

  4. Saya karyawan swasta, status usaha saya isi karyawan yg tidak melakukan pekerjaan bebas. Dukumen semua sudah saya kirim, pas terdaftar status usaha saya diubah jadi Tunggal oleh petugas pajak. Bagaimana ini ? Kewajiban pajak saya dapat ps 25, ps 29, ps 4 (2). Seharusnya karyawan kan cuma pasal 21 ??? Tidak seharusnya saya dikasi ps 25, ps 29 dan ps 4 (2).

  5. saya sudah punya NPWP trus mau nyoba akses secara online.saya sudah coba daftar account tp masalahnya ada salah satu menu yang harus diisi yaitu nomor registrasi.dimana saya bisa tau nomor regitrasi NPWP saya sementara yang saya miliki skr hanya kartu NPWPx..trims..

  6. bro n sist,, bagi yg punya warnet ini bisa jadi masukan berharga, sebab kami sejak tahun 2009 sudah menjadi satu2 ny tempat/warnet yg bisa registrasi online npwp di Kota ini,, bahkan saat warga mau ke kantor pajak disarankan daftar dulu ke warnet kami oleh petugas di kantor pajaknya,,,tarifny 10rb aja,,,klo yg badan ato bendaharawn tarifny 20rb,,,

  7. Saya sudah daftar NPWP online dgn KPP mojokerto sesuai dgn alamat KTP saya..
    tapi sekarang saya krja di jakarta,,
    yg saya tanyakan,, bisa gak saya Ngurus kartu npwp di KPP jakarta????trims

  8. mas broo… kayak mana edit data yang sudah di simpan itu? memang baru spt nya tapi waktu dibawah ke kantor pajaknya disuruh bikin lagi??? nahh saya bingun di bikin alias edit atw dibikin baru lagi????

    masss broo jadi gimana donk???
    btw tolong broo…….. email q sudah ada nanti di kirim ke email saya saja….aw nomor tlpon dahh…….soalnya capek sudah balik2 blum jadi2… lantaran ktp ku ktp luar kota… trus aq ada konfirmasi cuma saya dikasi aja situs pajak (pajak.go.id) nahh waktu di print bawah ke Kantor Pajak…nahh disuruh edit lagi broo…

    mohon bantuannya yach

  9. mas kenapa sudah hampir seminggu, tidak bisa dxaftar online
    sedangkan dikantor pajak bisa terbuka walaupun lewat online,,,,, emang ada masahka dgn e-reg nya

  10. setiap sy buka yang muncul pasti kaya gini

    HTTP Status 404 – /ereg/wp/Login.do

    type Status report

    message /ereg/wp/Login.do

    description The requested resource (/ereg/wp/Login.do) is not available.
    Apache Tomcat/5.0.28

  11. Pak Pajak NPWP, saya sdh lbh dari sebulan mengirim data u/ pembuatan NPWP tp sampai skrg blm ada blsanx sedangkan teman saya sudah, itu di KPP Palopo sulawesi selatan

Berikan Komentar Anda ^^v