Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar – Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

21 March of 2011 by

Seperti yang tercatat dalam sejarah republik indonesia yang tercinta ini. Ejaan yang disempurnakan ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9FamFhbl9ZYW5nX0Rpc2VtcHVybmFrYW4=) atau biasa disingkat menjadi EYD adalah ejaan Bahasa Indonesia ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9CYWhhc2FfSW5kb25lc2lh) yang berlaku sejak tahun 1972. Ejaan ini menggantikan ejaan sebelumnya, yaitu Ejaan Republik ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9FamFhbl9SZXB1Ymxpaw==) atau Ejaan Soewandi ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9FamFhbl9Tb2V3YW5kaQ==) yang mulai berlaku sejak tahun 1947.

Dan ini bukan kali pertama penggantian ejaan bahasa indonesia terjadi. Ternyata Ejaan Republik ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9FamFhbl9SZXB1Ymxpaw==) atau Ejaan Soewandi ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9FamFhbl9Tb2V3YW5kaQ==) juga dipakai untuk menggantikan Ejaan Van Ophuijsen ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9FamFhbl9WYW5fT3BodWlqc2Vu) yang mulai berlaku sejak tahun 1901. wogh. sejarah kita ternyata memang luar biasa.

Cukup untuk pembahasan tentang EYD, saat ini saya “baru” menyadari pentingnya berbahasa indonesia.. terlebih setelah baru-baru ini saya mulai rajin memperbaharui isi blog saya yang tercinta ini. cieeeeeeee..

Alasan utama saya adalah lalu lintas pengunjung blog. Suatu hal yang mengejutkan, ternyata blog saya juga di kunjungi oleh pecinta informasi dari luar indonesia. Padahal, secara geographic target pada google webmaster tools ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL3d3dy5nb29nbGUuY29tL3dlYm1hc3RlcnMv), saya membidik user Indonesia sebagai “pengunjung” yang saya harapkan dari goggle search engine ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL3d3dy5nb29nbGUuY28uaWQ=).

Ternyata ilmu itu bersifat universal. sesuatu yang tidak bisa kita batasi hanya dengan melakukan set pada geographic target. Sungguh sesuatu yang sama luar biasanya dengan sejarah EYD bangsa kita.

Keterkejutan saya atas hadirnya pengunjung asing menimbulkan pertanyaan besar di benak saya. Bagaimana informasi yang saya sajikan dalam bahasa indonesia ini bisa di cerna oleh mereka ?? Kenapa mereka bersikeras untuk membaca padahal semua informasi ini mungkin saja tidak bisa mereka pahami karena perbedaan bahasa ??.

Setelah merenung sejenak saya mendapatkan beberapa kesimpulan, yang mungkin saja terjadi pada saat mereka membaca blog ini :

a. Bahasa Gambar : Dalam 1 Gambar bisa menjelaskan 1000 hal, ini mungkin hanya ibarat pepatah, namun ini bukanlah sesuatu yang mengada-ada. Berapa banyak tulisan yang bisa kita hemat hanya dengan menampilkan 1 gambar saja. Jadi untuk itu, mulai saat ini saya akan berusaha memperbanyak gambar screenshot maupun ilustrasi. (Konsep Blog Hemat Energy ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL3d3dy5yaXNtYWthLm5ldC8yMDExLzAyL21lbmdlbmFsLWtvbnNlcC1ibG9nLWhlbWF0LWVuZXJnaS5odG1s))

b. Bahasa Google Translate ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL3RyYW5zbGF0ZS5nb29nbGUuY29tLyM=) : Satu-satunya alasan yang masuk akal adalah, mereka menggunakan google translate ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL3d3dy5nb29nbGUuY29tL3RyYW5zbGF0ZQ==) untuk menterjemahkan bahasa indonesia ke bahasa yang mereka gunakan.

Uji coba google translate, yang saya lakukan baru-baru ini sungguh mengejutkan. Hasil terjemah antara blog saya ke bahasa inggris, hasilnya berantakan. huahahaha memalukan sekali.

Oke setelah melakukan perbaikan kata dan ejaan, tata bahasa penulisan, ternyata hasilnya sungguh luar biasa. Blog saya diterjemahkan secara apik oleh google translate. Selamat untuk saya dan terima kasih untuk google translate.

Ternyata untuk mendapatkan hasil terbaik dari google translate kita harus dan wajib menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, bukan bahasa prokem ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9CYWhhc2FfcHJva2Vt), bukan bahasa gaul, apalagi bahasa 4L4y ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL3d3dy5yaXNtYWthLm5ldC8yMDEwLzAzL2tiYmEta2FtdXMtYmVzYXItYmFoYXNhLWFsYXkuaHRtbA==).

Rajin menyunting dan uji coba terjemah google translate adalah satu-satunya solusi.

c. Menggunakan meta tag dan kata kunci yang bisa dijadikan sebagai patokan search engine, bahasa kerennya SEO, Search Engine Optimization ^(http://1h2j.gaptekupdate.com/ext/aHR0cDovL2lkLndpa2lwZWRpYS5vcmcvd2lraS9PcHRpbWlzYXNpX21lc2luX3BlbmNhcmk=). Sehingga informasi yang dicari oleh perambah adalah seperti yang mereka harapkan. Bukan hal yang mengada-ada apalagi mengecewakan.

Untuk hal yang terakhir ini, saya akan berusaha selalu rajin mengikuti update dari site stats nya wordpress, google webmaster tools dan yahoo site explorer. terutama kata kunci yang pengunjung gunakan untuk sampai ke blog tercinta ini.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Mari Kita Cintai Bahasa Indonesia.

ebo

Anak Kecil

Previous:

Anak Kecil

Import Export WordPress.com ke Blogspot.com – Mirror Site

Next:

Import Export WordPress.com ke Blogspot.com – Mirror Site

You may also like

  1. Bagi lun, sewaktu smp dan sma, belajar bahasa Indonesia khususnya EYD itu lebih susah ketimbang belajar bahasa Inggris, meski bahasa Indonesia adalah bahasa Nasional kita. Namun meski begitu tetap senang bahasa Indonesia apalagi bagian pantun, sajak, dan pribahasa.

    Numpang ninggal anchor bang lah, maaf kada pake nama asli hehe, ngalih banar nah kada mau naik2 di halaman pertama postingan lun yang ini.

Berikan Komentar Anda ^^v